6 Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala pada Tubuh

lampu menyalaTidur merupakan salah satu sifat dasar dan juga alami yang setiap manusia pasti membutuhkannya. Dengan tidur pada malam hari, maka kita akan dapat melepas penat dan juga lelah setelah seharian beraktivitas. Pada umumnya, jam atau waktu tidur yang dianjurkan kepada rata-rata individu per harinya adalah sekitar 6 – 8 jam per hari, yang bisa kita lakukan pada malam hari. Itu artinya kita dapat tidur maksimal pukul 11 malam, agar bisa bangun pagi untuk melanjutkan aktivitas keesokan harinya.

Jam tidur ini mungkin berbeda- beda setiap orang, tergantung dari gaya hidup, pola makan, serta jenis kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing individu. Namun demikian, jumlah jam tidur yang cukup saja bukanlah merupakan salah satu indikator memiliki kualitas tidur yang baik ada banyak sekali indikator yang mempengaruhi kualitas tidur setiap orang, salah satunya adalah faktor pencahayaan. Beberapa orang terbiasa untuk tidur dengan lampu yang menyala terang. Namun demikian, ternyata tidur dengan kondisi lampu yang menyala terang memiliki beberapa dampak buruk bagi kesehatan kita loh. Apa saja dampak buruknya?

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan apabila tidur dengan lampu yang menyala :

1. Dapat menghambat produksi melatonin

Salah satu bahaya tidur dengan lampu menyala adalah menghambat produksi dari melatonin atau paling tidak produksi dari melatoin menjadi kurang optimal. Apa itu melatonin? Melatonin merupakan salah satu jenis enzim yang mampu menjaga tubuh dari perkembangan sel tumor dan juga kanker. Singkatnya, melatonin dapat membantu tubuh dalam memerangi penyakit kanker dan juga tumor ganas. Sel melatonin ini tidak dapat berkembang dengan baik, apabila ketika tidur dengan lmapu menyala terang akan menyebabkan produksinya terhambat.

Meskipun demikian memang bukan berarti ketika kita tidur dengan lampu menyala, pasti kita akan terserang kanker atau tumor. Masih ada banyak sekali faktor-faktor lainnya yang dapat menyebabkan kemunculan kanker di dalam tubuh, seperti dari bahaya merokok,bahaya alkohol dan juga gaya hidup tidak sehat. Terhambatnya melatonin kaerna tidur dengan lampu menyala merupakan bahaya yang masih tergolong kecil dan tidak dapat langsung berpengaruh kepada kesehatan tubuh.

2. Menyebabkan gangguan tidur

Bahaya tidur dengan lampu menyala adalah meningkatkan resiko seseorang mengalami gangguan tidur. Biasanya terdapat berbagai gangguan tidur, dan yang paling sering muncul adalah gangguan insomnia, yaitu tidak bisa tidur sehingga harus terjaga semalaman. Salah satu faktor penyebab gangguan tidur insomnia ini adalah karena kebiasaan untuk tidur dengan lampu yang menyala. Lampu yang menyala juga meningkatkan potensi anda untuk terbangun pada tengah malam, dan menimbulkan ciri-ciri kurang tidur yang cukup dan juga mungkin gangguan tidur lainnya tidak pernah anda sadari.

3. Kualitas tidur yang menurun

Munculnya gangguan tidur yang disebabkan oleh penggunaan lampu yang menyala akan sangat mempengaruhi kualitas tidur anda. Dengan adanya gangguan tidur, maka dapat dipastikan kualitas tidur anda akan menurun, hal ini disebabkan karena anda kemungkinan bisa mengalami insomnia, ataupun mengalami kejadian terbangun pada tengah malam, yang menyebabkan jam tidur anda menJadi berkurang. Efek langsung dari jam tidur yang berkurang, dan disertai dengan terbangun pada tengah mala mini adalah menurunnya kualitas tidur.

Kualitas tidur yang buruk dan juga menurun pun memiliki bahya bagi aktivitas anda sehari-hari pada keesokan harinya. Kondisi ini akan menjadi penyebab sering mengantuk dan lemas. Hal ini dapat berujung pada menurunnya konsentrasi, serta dapat menyebabkan aktivitas yang anda lakukan sehari-hari menjadi terhambat. Hal ini akan menyebabkan anda menjadi individu yang tidak produktif.

4. Rasa pegal pada mata

Tidur dengan lampu menyala juga dapat berdampak buruk pada kesehatan mata anda. Mata akan menjadi sering merasa pegal, terutama ketika anda mencoba untuk memejamkan mata anda dan ingin tidur. Hal ini akan menyebabkan otot dari kelopak mata anda menjadi tegang dan membuat mata anda terasa pegal pada keesokan harinya, dan meningkatkan gangguan mata, seperti mata gatal dan juga merah.

Selain itu, apabila kualitas dari lampu kamar anda buruk, maka hal ini akan menimbulkan radiasi dari lampu kamar. Efeknya akan langsung terasa pada mata anda. Hal ini akan menyebabkan matA menjadi jauh lebih pegal, selalu terasa gatal dan juga perih setiap kali anda membuka mata. Untuk menghindari hal ini, apabila anda ingin tetap tidur dengan lampu menyala, gunakanah lampu dengan tingkat radiasi yang rendah dan juga aman untuk mata, jangan asal dalam memilih lampu.

5. Gangguan pada sistem metabolism tubuh

Bahaya tidur dengan lampu menyala bagi kesehatan tubuh kita adalah dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme tubuh merupakan salah satu hal penting dari tubuh kita. Karena dengan lancarnya sistem metabolism tubuh, maka asupan kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral, serta semua siklusnya akan berjalan dengan baik. Namun, apabila metabolisme tubuh tidak berjalan dengan optimal dan baik, maka dapat berefek pada menurunnya konsentrasi, tubuh terasa lemas, mudah merasa lelah, dan juga daya tahan serta imunitas tubuh yang menurun, yang menyebabkan anda dapat terserang penyakit.

6. Dapat meningkatkan tanda-tanda depresi

Beberapa penelitain ternyata jga mengungkapkan bahaya lain dari tidur dengan lampu menyala, yaitu dapat meningkatkan depresi. Ya, kondisi pikiran anda akan mengalami depresi apabila anda sering tidur dengan lampu menyala, yang akan menambah beban pikiran anda, sehingga menyebabkan kualitas tidur anda pun akan menjadi sangat buruk.

Itulah bahaya tidur dengan lampu menyala. Meskipun memiliki bahaya, namun tidak semua individu akan mengalami hal tersebut apabila tidur dengan lampu menyala. Yang terpenting adalah selalu berdoa sebelum tidur, agar kita dilindungi oleh yang maha kuasa dalam tidur kita setiap malam, dan dapat bangun keesokan harinya dengan segar bugar untuk menghadapi aktivitas sehari-harinya

sumber http://halosehat.com/gaya-hidup/gaya-hidup-buruk/bahaya-tidur-dengan-lampu-menyala